01 August 2009

PWS

Di blog ini saya sering memakai istilah pws atau people with stutter, cara halus menyebut orang yang gagap daripada pakai istilah penyandang, pengidap apalagi penderita. Saya mempelajari ini selama sering menulis dan membaca sambil tentu saja berempati kepada orang lain. Di bidang support group tema apapun, singkatan pw atau people with ... merupakan istilah yang sudah umum dipakai. Di bidang yang dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi sorotan, HIV dan AIDS misalnya, dipakai istilah PWA atau PWHA (people with AIDS atau people with HIV/AIDS). Sorotan yang meluas sampai ke Indonesia, membuat negara kita punya istilah khusus, dengan menerjemahkannya menjadi ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Tema gagap memang tidak terlalu dianggap penting. Kalau di Amerika dan negara-negara lain ada support group, asosiasi, LSM bertema gagap, bahkan ada pertemuan internasionalnya, di Indonesia tema ini tidak terlalu menonjol. Saya sendiri juga nggak terlalu menganggap perlu sekali ada badan seperti ini, karena saya toh bisa mengatasinya, sanggup survive. Namun kalau lihat-lihat support group yang ada di luar negeri, jadi ngiri juga, rasanya menyenangkan sekali kalau para pws di Indonesia punya support group yang bisa saling membantu, ada tempat buat menumpahkan uneg-uneg, dan sebagainya. Syukur kalau suatu saat nanti ada istilah bahasa Indonesianya untuk pws. Tapi saya kok nggak sreg ya pakai istilah "orang dengan....." Sementara pws dulu aja ya.

7 comments:

  1. hai yasmin...salam kenal, aku bangga bisa mampir kesini, seorang wartawan dengan segala kelebihan dan kekuranganmu.
    Keep spirit yas...semoga kita bsia bersahabat ya...

    ReplyDelete
  2. Halo Arine
    salam kenal juga. Senangnya dimampiri seorang Arine aduh sampai melonjak-lonjak nih saya saking senangnya. Apalagi yang mampir Arine gitu loh, yang tulisannya luar biasa bagus banget. Aku mampir blog kamu ya? Bentar ya lagi menikmati...aduh indah banget!

    yasmin

    ReplyDelete
  3. Waduh salah tulis nama ya? Mohon maaf ya Arinie...

    Yasmin

    ReplyDelete
  4. Hi, Yas,
    I was here to look around. So, your house has a new look now. It's nicer and brighter. Care to insert some research info on 'stutter'? It might be useful to the readers who might have 'pws' relatives. Keep writing, Yas.

    Best,
    Juno

    ReplyDelete
  5. Dear Juno,
    Yes, this is the new look of my house. And yes I will insert research and articles about stutter, just have to learn how. LOL.
    thanks for your comment. How was the book launching? I hope it was doing well.
    rgds,
    Yas

    ReplyDelete
  6. Hi, Yas,
    I did't go to the launching. Got so many things to do (beside surfing the Internet, trying to find some teaching materials, of course). Will try to find the book in Gramed, tho.

    Have a nice evening.

    Juno

    ReplyDelete
  7. I see. Subik sekali ya? pantas... you ignore my email when I was eager to chat with you :)
    But it's okay, I understand it very much.

    have a nice evening to you too.

    Yas

    ReplyDelete