13 May 2008

Bu Guru Galak

Waktu SMP saya punya guru galak. Ngomong sama guru apalagi galak, tentu saja saya bakal gagap. Karena itu sedapat mungkin saya menghindar ngomong sama guru, terutama bu guru yang galak ini.

Sialnya si bu guru galak ini tiap berangkat sekolah naik bis yang sama dengan yang saya tumpangi. Jadi kalau jamnya pas, saya pasti ketemu dia. Untuk mengucapkan "selamat pagi bu" rasanya nggak sanggup, pasti saya bakal gagap-gagap, jadi saya tidak pernah mengucapkan sapaan itu, saya hanya mengangguk dan tersenyum.

Tapi ternyata buat bu guru, itu saja tidak cukup. Sialnya lagi, dia tidak menegur saya langsung melainkan ngomel-ngomel di setiap kelas. Jadilah saya dicap murid tidak sopan dan disebarluaskan ke seluruh murid di beberapa kelas dan mungkin juga ke seluruh guru.

Waktu itu saya gundah gulana banget. Tapi lupa deh penyelesaiannya gimana. Saya juga lupa dapat nilai berapa di pelajaran dia. Yang jelas saya akhirnya lulus dari sekolah itu dan terbebas dari si bu guru galak.

Beberapa tahun kemudian, berlangsung reuni. Saya pikir semua orang sudah melupakan kejadian itu, ternyata satu orang murid, ya temen saya sih, masih inget dan ingatan itu diungkapkan terus menerus tiap ketemu. "Jaman SMP yang gue inget banget tuh waktu elu dicela-cela bu T.... (sensor) gara-gara lu nggak nyapa dia di bis." Anjrit!

2 comments:

  1. Saya tersenyum saat membaca, diakhir ada kata "anjrit...". Saya jadi ingat teman wanita sekantor dulu tahun 1998-an, dia sering bilang "anjrit". Ini sebuah kata tepat untuk kata "gabungan" marah, malu, kecewa, sedih dan pengin balas dendam ..hi..hi..hi....

    Saat di SMA, tidak seorangpun tahu saya gagap, tapi sering ingin katakan sesuatu... ya "anjrit" itu, tapi saat itu tahun 1975 tidak ada istilah itu....

    Saya jadi tersenyum sendiri ingat kejadiannya ...he...he..he..

    ReplyDelete
  2. memang pak, banyak marah, malu, kecewa dan sedih dalam kehidupan PWS ya. tapi nggak apa-apa memang hidup nggak mulus, bukan? Santai aja...

    ReplyDelete